Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 23 Oktober 2012

7 TRADISI MOTHER’S DAY SELURUH DUNIA

-->
7 TRADISI MOTHER’S DAY SELURUH DUNIA
                Tradisi perayaan hari Ibu di Indonesia setiap tanggal 22 Desember mungkin  kurang atau tidak terlalu populer atau meriah. Mungkin perayaan hari Ibu di Indonesia masih kurang perhatian juga. Ni gan ada perayaan hari Ibu diseluruh dunia yang selalu diadakan :
1.       ‘ Mudik ‘ ke rumah orang tua
Tradisi Mudik yang kita jalani tiap lebaran, ternyata dijalani pula oleh masyarakat Inggris, tapi mudik ini dalam rangka harai ibu atau dalam bahasa Inggris “ Mothering Sunday “ atau “ Mid lent Sundaya”. Pada perayaan ini anak muda pulang ke kampung halaman masing ^^ untuk berkumpul bersama orang tua terutamaa Ibu. Selain di Inggris ternyata mudik juga dilakukan di Meksiko sehari sebelum hari Ibu yang  jatuh pada 10 Mei.
2.       Hari Perdamaian
Di Amerika biasanya dirayakan pada minggu kedua di bulan Mei yang dianggap sebagai hari perdamaian. Selama bertahun – tahun, seorang wanita bernama Anna M . Jarvis memperjuangkan hari Ibu sebagai perayaan nasional. Akhirnya pada tanggal 8 Mei 1914, Presiden Woodrow Wilson mengesahkan hari Ibu sebagai perayaan nasional dengan memasang bendera di setiap gedung maupun rumah sebagai ungkapan sayang kepada Ibu.
3.       “ Menyandra Mama”
Penduduk Serbia punya tradisi aneh banget , dalam merayakan hari Ibu yang disebut Materice  yang jatuh pada bulan Desember. 2 minggu sebelum perayaan hari Ibu, Anak – anak akan menyandra Ibunya ( hanya pura –pura ) karena ingin diberi hadiah di hari ibu. Aneh - anah 
4.       Liburan buat mama
Di Swedia, hari ibu dirayakan minggu keempat di bulan Mei. Beberapa hari sebelum perayaan, Palang Merah Swedia akan menjual bunga – bunga plastik. Dan hasil keuntungannya akan digunakanuntuk kegiatan Mother’s flowers  acara  liburan buat mama yang selama ini sibuk mengurus putra – putrinya.
5.       Festival Durga Puja
Setiap bulan Oktober , masyarakat India akan merayakan hari ibu selama 10 hari berturut – turut.Festival ini disebut Durga Puja karena untuk menghomati Durga, Ibu suci dan merupakan dewi yang dipuja di India yang mempunyai 10 tangan. ( WOW... )
6.       Sekolah Libur
Pada saat hari ibu, semua anak – anak di Guatemala merayakan hari Ibu dengan berkumpul bersama Ibunya secara full karena sekolah diliburkan. Pasti seneng banget tu. Mereka akan memberikan kado kepada ibu mereka dan siangnya mereka berkunjung di rumah nenek.
7.       Hari Ulang tahun
-          Thailand
Hari Ibu dirayakan pada 20 Mei ( di indonesia kayaknya hari kebangkitan nasional ya..), yang bertepatan dengan hari tahun sang ratu. Pada hari itu juga mereka akan pergi ke kuil – kuil untuk mendoakan kesejahteraan ratu dan Ibu mareka.
-          Iran
Diselenggarakan pada 19 september. Rakyat Iran selain merayakan hari Ibu mereka juga merayakan hari ulang tahun putri junjungan mereka , Nabi Muhammad SAW yang bernama Fatima Azzahra.
                Itu dia gan,  tradisi perayaan Ibu di masimg – masing dunia. Ayo meriahkan hari ibu di Indonesia. Kita bangkitkan hari Ibu – Ibu Indonesia agar tidak terlihat Tabu...  
Dikutip : “ Majalah Gadis Desember 2002 “

0 komentar:

Posting Komentar